Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Penyebab Lemot

Assalamualaikum Wr Wb

Salah satu hal yang menjadi masalah untuk laptop yang anda miliki adalah adanya masalah overheat atau panas, yang tentu saja merupakan masalah yang mesti sesegera mungkin ditangani, karena jika sudah sampai parah dan terlambat, bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan serius yang ada pada laptop anda. Penyebab dari laptop yang mengalami cepat panas atau overheat ini sendiri juga bermacam – macam. Salah satunya adalah karena sirkulasi udaranya yang tidak baik, dan juga beban kinerjanya yang sudah terlampau berat.

Baca Juga Laptop tanpa panas Asus A455l Core I5

Biasanya, tanda – tanda untuk laptop yang mengalami masalah yang demikian ini, adalah seringnya terjadi hang, lemot, laptop mati sendiri dan terkadang bisa merestart dengan sendirinya, juga paling parah bisa berakibat pada kinerja dari processor yang tidak bisa berfungsi kembali. Untuk anda yang penasaran apa saja cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi laptop yang cepat panas dan overheat ini, maka berikut ini, adalah ulasan menariknya untuk anda, dalam mengatasi laptop yang cepat panas dan overheat, yang tentu saja bisa anda coba berikut ini.

Mengatasi Laptop Cepat Panas Atau Overheat

  1. Pastikan sirkulasi udara baik

Untuk anda yang sedang menggunakan laptop dalam ruangan, maka pastikan bahwa sirkulasi udara yang ada pada ruangan anda baik dan tidak menjadikan laptop cepat panas. Misalnya saja, sebaiknya jangan menempatkan laptop diatas kasur, karena justru akan menjadikan laptop memiliki sirkulasi yang buruk untuk udaranya, dan lama kelamaan bisa menyebabkan cepat panas. Selain itu, akan menurunkan peforma dari laptop ini sendiri.

ilustrasi sirkulasi laptop

Karena itu perhatikan lubang sirkulasi udara yang biasanya menyemburkan angin panas. Kebanyakan laptop terletak di bagian kiri atau kanan dan didalamnya terdapat kipas untuk mengeluarkan angin. Jangan sampai lubang tersebut tertutup debu atau hal lainnya yang dapat menghambat keluarnya panas dalam laptop. Jika tertutup maka laptop akan cepat panas bahkan jika sedang bermain game biasanya laptop mati sendiri karena overheat.

  1. Gunakan Cooling Pad / Mini Vacum Cooler

Selain itu, anda  bisa juga menggunakan Cooling Pad sebagai salah satu referensi terbaik yang bisa menjadi solusi untuk mengatasi laptop yang cepat panas. Selain itu, dengan adanya cooling pad ini, bisa menjadikan udara bisa mengalir segar dari laptop. Namun, yang tentu saja mesti diperhatikan adalah jika menggunakan Cooling Pad ini, maka sebaiknya perhatikan kebersihannya, karena cooling pad juga berpotensi membawa debu yang bisa menyebabkan error pada laptop.

mini vacum cooler laptop

Sebaiknya lihat juga dalam laptop anda apakah sudah banyak debu apa tidak dikarenakan jika kipas dari cooling pad menyembur ke bagian laptop yang sudah banyak debu maka debu tersebut akan bertebaran kemana-mana paling fatal adalah saat menyumbat pendingin dari laptop sendiri, atau dapat juga malah terjebit disela-sela hardware.

  1. Bersihkan kipas atau heatsink

Debu yang menumpuk pada kipas juga bisa menyebabkan laptop mengalami masalah overheating. Maka sebaiknya anda bisa melakukan pembongkaran jika memungkinkan, dan bersihkan kipas atau heatsinknya secara menyeluruh. Dan tentu saja anda bisa memberikan pelumas untuk kipas dari laptop anda, agar perputarannya bisa lancar. Sebaiknya untuk melakukan pembongkaran, lakukan jika anda memang benar – benar berpengalaman, atau bisa melalui bantuan teknisi yang terpercaya.

membersihkan laptop

Jika ingin mencobanya anda harus tau dulu seluk beluk laptop anda. Lihatlah beberapa cara dalam internet saya sarankan sih untuk menonton videonya agar tidak salah kaprah dalam pembongkaran. Bila anda melakukan itu sendiri maka ini bisa jadi pengalaman anda. Namun jika anda masih sangat ragu maka percayakan terhadap teknisi terpercaya.

  1. Tambahkan thermal pasta

Panas yang menumpuk merupakan salah satu yang menyebabkan kinerja processor terganggu, maka hal ini menyebabkan lapisan dari thermal pasta menjadi mengering. Maka anda bisa menambahkan thermal pasta secara berkala, dan tentu saja ini adalah hal yang sangat beresiko tinggi. Anda bisa meminta bantuan teknisi terpercaya untuk melakukan hal demikian.

memberikan pasta laptop

  1. Istirahatkan laptop

Selanjutnya, anda bisa membantu untuk mengistirahatkan laptop yang anda miliki. Adanya overheat ini bisa dikarenakan laptop yang terus menerus digunakan. Seperti manusia, gadget juga memerlukan istirahat, untuk meningkatkan peformanya kembali. Istirahatkan laptop anda, minimal 30 menit lamanya, hingga mendingin kembali.

laptop sleep

  1.   Simpan laptop di tempat bersih

Musuh utama barang elektronik adalah debu. Maka dari itu simpanlah laptop anda di tempat yang bersih dan jauh dari tempat kotor yang memiliki partikel-partikel kecil. Pengalaman saya saat menaruh laptop dikantong saya adalah masuknya isi hackter dan clip kertas terhadap lubang pemancar udara. Dan ini sangatlah membahayakan bagi usia laptop.

tempat laptop

Nah, itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membantu mengatasi laptop yang cepat panas, dan juga overheat. Saran penutup dari saya adalah gunakan laptop dengan teknologi icecool. Sedikit tentang ice cool Technology adalah cara penempatan hardware penghasil panas bersamaan dan menyediakan beberapa ruang kosong didalamnya. Laptop yang memiliki teknologi ini salah satunya adalah Laptop Asus X453M. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr Wb

Share This:

4 tanggapan untuk “Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Penyebab Lemot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

mobile legend diamond

DAPATKAN DIAMOND MOBILE LEGEND

GRATIS

Baca juga cara SANGAT MUDAH mendapatkan diamond secara GRATIS di mobile legend.

Dijamin WORK dan LEGAL.

 

KLIK DISINI

 

You have Successfully Subscribed!